Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 11 Lubuk Batuang Kabupaten Solok Selatan

Haryoso, Puji (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 11 Lubuk Batuang Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_PUJI_HARYOSO_17129163_3216_2021.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan yang menunjukan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru kurang melibatkan peserta didik dalam menemukan pada saat kegiatan pembelajaran, guru kurang membimbing peserta didik dalam menyimpulkan materi diakhir pembelajaran dan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learningpada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penilitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 32 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil persentase pengamatan RPP pada siklus I 72,5% dengan kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 92,5% kualifikasi sangat baik. Hasil persentase pengamatan pada aspek guru siklus I 76,4% kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,7% kualifikasi sangat baik. Hasil persentase pengamatan pada aspek peserta didik siklus I 76,4 % kualifikasi cukup mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,7% kategori sangat baik.Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-ratanya 75 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 92. Dapat disimpulkan bahwa model Dicovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:41
Last Modified: 27 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34921

Actions (login required)

View Item View Item