Efektivitas E-modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa

Asda, Viola Dwicha (2021) Efektivitas E-modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Multirepresentasi dan Virtual Laboratory pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_VIOLA_DWICHA_ASDA_17035116_2285_2021.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi multirepresentasi dan virtual laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu dalam bentuk nonequivalent control groupdesign. Populasi terdiri dari semua siswa kelas X MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan gandayang memiliki validitas, daya pembeda, reliabilitas dan indeks kesukaran dengan kriteria soal baik. Data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai n-gain kelas eksperimen = 0,85dan uji hipotesis didapatkan sig(2- tailed) < 0,05. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan kata lain penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi multirepresentasi dan virtual laboratory pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektif terhadap peningkatan hasil belajarsiswa dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:41
Last Modified: 27 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34918

Actions (login required)

View Item View Item