Relasi Pengetahuan dan Kekuasaan Tabib Dalam Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Dusun Lubuk Tenam Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Fitriani, Nur (2020) Relasi Pengetahuan dan Kekuasaan Tabib Dalam Pengobatan Tradisional Pada Masyarakat Dusun Lubuk Tenam Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_NUR_FITRIANI_1514_18161030_2020.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Pengobatan tradisional merupakan pengobatan yang memanfaatkan bahan tumbuhan rempah-rempah, air, garam dan jimat, yang telah menjadi pengobatan alternatif di dalam masyarakat Dusun Lubuk Tenam. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana relasi pengetahuan, relasi kekuasaan, relasi sosial dan kultural tabib, pasien dan masyarakat Dusun Lubuk Tenam dalam pengobatan tradisonal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian etnografi Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah (1) relasi pengetahuan tabib dalam pengobatan tradisional, (2) relasi kekuasaan tabib dalam pengobatan tradisional, (3) relasi sosial dan kultural tabib, pasien dan masyarakat, (4) tabib dalam pengobtan tradisional, (5) pengobatan tradisional. Berdasarkan rumusan masalah maka dapat menunjukkan bahwa dengan memiliki pengetahuan tentang pengobatan tradisional tabib memiliki kekuasaan dalam pengobatan di bandingkan dengan pengobatan medis. dan tidak adanya persaingan antara tabib dan bidan desa maupun antar sesama tabib. Kekuasaan yang didapatkan tabib dikarenakan oleh kepercayaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap tabib. Kekuasaan dan pengetahuan merupakan dua sisi yang saling berkaitan, dengan pengetahuan orang akan berkuasa, pengetahuan membentuk kekuasaan. Tabib memiliki pengetahuan tentang pengobatan dan masyarakat membutuhkan pengobtan dari tabib maka antara tabib dan pasien saling keterkaitan satu sama lain. Pengetahuan yang dimiliki tabib membuat ia berkuasa disegi pengobatan sehingga ia memiliki peran dan kedudukan dalam masyarakat. Namun kehidupan atau kegiatan tabib tidak hanyak melakukan pengobatan saja akan tetapi tabib ini juga memiliki kegiatan lain seperi ke ladang, berkebun dan lainya. Kemajuan teknologi tidak mempengaruhi masyarakat Dusun Lubuk Tenam untuk berobat. Sehingga pengobatan tradisional masih tetap di lestarikan dan di budayakan.kan dari generasi ke generasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:40
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34914

Actions (login required)

View Item View Item