Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kosakata Benda Melalui Media Teka Teki Silang Bergambar pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB Al-Muiz Kerinci

Nurliza, Nurliza (2021) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kosakata Benda Melalui Media Teka Teki Silang Bergambar pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB Al-Muiz Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NURLIZA_16003165_3820_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangidengan ditemukannya permasalahan di SLB Al-Muiz Kerinci, dimana terdapat salah seorang siswa tunarungu di kelas IV yang memiliki kemampuan pemahaman kosakata benda yang rendah. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata benda dan juga melihat apakah pemberian media teka teki silang bergambar dapat berpengaruh atau efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimendalambentuksingle subject research(SSR) denganmenggunakandesain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini ialah seorangsiswa tunarungu. Target behavior dalam penelitianini ialah meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata benda. Penelitian ini dilakukandalamtigakondisiyaitukondisibaseline I, intervensi, danbaseline II.Pengumpulan data padakondisibaseline (A1) dilakukan sebanyak empatkali pengamatan.Kemudian dilanjutkan dengan pada kondisi intervensi(B) dengan menggunakan media teka teki silang bergambar yang dilakukan selama tujuh kali pengamatan. Kemudian pada kondisi baseline II (A2) dilakukan sebanyak lima kali pengamatan. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini dilakukan melalui pengamatan dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan grafik sehingga hasil penelitian ini dapat tergambar secara jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian intervensi dengan menggunakan media teka teki silang bergambardapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata benda pada siswa tunarungu.Sehingga dapat disimpulkan bahwa media teka teki silang bergambar mampu meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata benda pada siswa tunarungu sehingga peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan mediaini dalam pembelajaran lainnya terkait permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:40
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34913

Actions (login required)

View Item View Item