Akuntabilitas Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia dalam Rangka Meningkatkan Kepercayaan Publik (Studi di Kantor Camat Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin Provinsi Jambi)

Herdison, Herdison (2020) Akuntabilitas Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia dalam Rangka Meningkatkan Kepercayaan Publik (Studi di Kantor Camat Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin Provinsi Jambi). Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_HERDISON_1398_18208019_2020.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi masalah dengan menggunakan analisis SWOT terhadap pelaksanaan akuntabilitas pelayanan publik berbasis hak asasi manusia dalam rangka meningkakan kepercayaan publik di Kantor Camat Pangkalan Jambu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya permasalahan sarana dan prasarana pelayanan publik di Kantor Camat Pangkalan Jambu masih kurang memadai, belum terpasangnya AC di ruangan, pengguna layanan yang mengeluhkan proses pelayan karena daya tanggap aparatur masih kurang, adanya pungutan liar dalam proses pelayanan, aparatur dalam melayani pengguna layanan kurang teliti dan kurang cermat karena sering terjadi kesalahan pengetikan dalam dokumen yang dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan secara Purposive Sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan catatan dilapangan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Data analisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum terwujudnya pelayanan publik berbasis hak asasi manusia, karena sarana dan prasarana pelayanan publik kurang memadai dan tidak ada perlakuan khusus bagi kelompok rentan, belum ada aparatur untuk mendampingi kelompok rentan dan disabilitas, belum disiplinnya aparatur dalam pelayanan publik, belum terlaksananya kepastian hukum dengan baik, belum terlaksananya keprofesionalan pelayanan publik dengan baik, kurangnya persamaan perlakuan dalam pelayanan publik, adanya pungutan liar dalam pelayanan publik, dan kurangnya kecepatan dan ketepatan pelayanan publik di Kantor Camat Pangkalan Jambu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:40
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34912

Actions (login required)

View Item View Item