Kebertahanan Masyarakat Pada Kawasan Rawan Bencana Longsor Di Nagari Tandikek Utara Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman

Yusra, Al Fajri (2020) Kebertahanan Masyarakat Pada Kawasan Rawan Bencana Longsor Di Nagari Tandikek Utara Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
A_04_AL_FAJRI_YUSRA_869_18161003_2020.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui kebertahanan masyarakat pada kawasan rawan bencana longsor di Nagari Tandikek Utara Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi penelitian di Nagari Tandikek Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi waktu. Teknik analisa data menggunakan komponen-komponen analisis data model interaktif Miles dan Hubermen serta menggunakan analisis SWOT. Analisis penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons AGIL. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat bahwa (1) Alasan masyarakat untuk tetap bertahan di lokasi penelitian yaitu: a) Faktor Lingkungan b) Faktor Ekonomi c) Faktor Sosial d) Faktor Budaya, (2) Upaya-upaya pemerintah kepada masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana longsor yaitu: a) Menetapkan daerah rawan longsor b) Reboisasi lahan c) Rekonstruksi jalan. (3) Strategi masyarakat dalam bertahan hidup di daerah rawan longsor yaitu: a) Mencari tempat berlindung yang aman b) Melakukan penghijauan lahan kosong c) Melakukan kegiatang gotong-royong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:39
Last Modified: 27 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34910

Actions (login required)

View Item View Item