Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (CHEMMON) Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA

Batri, Vani Mayfi (2021) Pengembangan Permainan Chemistry Backgammon (CHEMMON) Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_VANI_MAYFI_BATRI_16035049_1886_2021.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Chemmon sebagai media pembelajaran pada materi sistem koloid dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitasnya berdasarkan fungsi media dan ciri media praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas permainan Chemmonyang dikembangkan. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket validasi terhadap 5 orang validator yaitu : dua orang dosen jurusan kimia FMIPA UNP, dua orang guru kimia SMAN 12 Padang dan satu orang guru kimia SMAN 3 Solok Selatan. Pengambilan data praktikalitas dilakukan menggunakan angket praktikalitas yang diperoleh dari dua orang guru kimia SMAN 3 Solok Selatan dan 20 orang peserta didik kelas XII SMAN 3 Solok Selatan. Peserta didik diminta untuk menggunakan permainan Chemistry Backgammon (Chemmon)dan mengisi angket praktikalitas. Teknik analisis data validitas menggunakan Aiken’s V diperoleh nilai rata-rata V sebesar 0,85 yang termasuk dalam kategori valid. Teknik analisis data praktikalitas guru menggunakan % praktikalitas diperoleh rata-rata sebesar 84% dan praktikalitas peserta didik diperoleh sebesar 84% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Data tersebut menunjukkan bahwa permainan Chemistry Backgammon (Chemmon)yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajran pada materi sistem koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:02
Last Modified: 26 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34905

Actions (login required)

View Item View Item