Pengembangan Modul Asam dan Basa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA

Marlenza, Ticha (2021) Pengembangan Modul Asam dan Basa Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_TICHA_MARLENZA_15035017_2334_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Research and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan produk baru berbentuk modul pendekatan saintifik yang menggunakan pertanyaan probing dan prompting untuk materi asam dan basa disertai mengetahui bagaimana kevalidan dan kepraktisan produk yang dihasilkan menggunakan model pengembangan 4-D. Define, Design, Develop, dan Disseminate adalah tahapan yang dikerjakan pada pengembangan 4-D. Keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan tahap disseminate tidak terealisasi. Angket validitas dan praktikalitas adalah instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data. Menggunakan formula Aiken’s V dalam analisa data diperoleh kategori valid untuk uji validitas dengan nilai V rata-rata sebesar 0,90. Untuk uji praktikalitas dari guru dan siswa diperoleh kategori sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas masing-masing sebesar 87% dan 85%. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa modul pendekatan saintifik yang menggunakan pertanyaan probing dan prompting materi asam dan basa dinyatakan praktis dan juga sudah valid digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: modul, pendekatan saintifik, pertanyaan probing dan prompting, asam dan basa, model 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:00
Last Modified: 26 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34898

Actions (login required)

View Item View Item