Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Percontohan terhadap Peningkatan Keterampilan Menyemai Benih Padi di Kelompok Tani Bukik Caliak Indah

Ilham, Muhamad (2021) Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Percontohan terhadap Peningkatan Keterampilan Menyemai Benih Padi di Kelompok Tani Bukik Caliak Indah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MUHAMAD_ILHAM_17005141_4061_2021.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan petani dalam menyemai benih padi pada kelompok tani bukik caliak indah yang diduga karena tidak efektifnya penyuluhan pertanian, tujuan dari penelitian ini adalah 1) melihat perubahan keterampilan petani dalam menyemai benih padi, 2) mengetahui pengaruh penyuluhan melalui metode percontohan menggunakan media YouTube terhadap peningkatan keterampilan petani dalam menyemai benih padi. Jenis penelitian adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan Pre Eksperimental Design. Subjek dalam penelitian ini menggunakan satu kelompok yang dijadikan objek dengan bagian Pre Test dan bagian Post Test kemudian menggunakan instrumen berupa tes pengetahuan dan tes keterampilan. Analisa data untuk menguji pengaruh penyuluhan melalui metode percontohan menggunakan media YouTube terhadap peningkatan keterampilan petani dalam menyemai benih padi dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan yang cukup signifikan terhadap keterampilan petani dalam menyemai benih sebesar 48,37%. Penyuluhan yang dilakukan menggunakan metode percontohan menggunakan media YouTube terbukti dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki oleh warga belajar hal ini dibuktikan oleh nilai rata-rata bagian Pre Test pada uji pengetahuan 52,25 dan uji keterampilan 53,00 sedangkan pada bagian Post Test memperoleh nilai rata-rata 90,75 dan uji keterampilan 87,50. Hasil uji hipotesis menggunakan T Test dengan taraf signifikan 0,05 didapati hasil -20,323 dan 2,024 dengan kriteria terima Ho apabila berada diantara dan berdasarkan hasil tersebut artinya Ho ditolak karena tidak berada diantara dan maka bahwa hipotesis Ha yaitu terdapat pengaruh penyuluhan melalui metode percontohan menggunakan media YouTube terhadap peningkatan keterampilan petani dalam menyemai benih padi pada kelompok tani bukik caliak indah. Kesimpulannya adalah penggunaan metode percontohan dengan menggunakan media YouTube dapat meningkatkan keterampilan anggota kelompok tani. Disarankan 1) Penyuluhan yang berfokus pada keterampilan mengunakan metode percontohan , 2) Penyuluhan dengan metode percontohan disarankan dapat digunakan pada kelompok tani lain, 3) pelaksanaan penyuluhan harus menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:59
Last Modified: 26 Oct 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34896

Actions (login required)

View Item View Item