Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyakit Tuberkulosis di Kabupaten Sijunjung Tahun 2019 Menggunakan Analisis Regresi Binomial Negatif

Maharani, Shafella (2021) Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyakit Tuberkulosis di Kabupaten Sijunjung Tahun 2019 Menggunakan Analisis Regresi Binomial Negatif. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_SHAFELLA_MAHARANI_17037063_1737_2021.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan paling sering bermanifestasi di paru. Mikobakterium ini ditransmisikan melalui droplet di udara, sehingga seorang penderita tuberkulosis merupakan sumber penyebab penularan tuberkulosis pada lingkungan sekitarnya. Sampai saat ini penyakit tuberkulosis termasuk prioritas yang harus ditangani agar mewujudkan Indonesia Sehat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyebab penyakit tuberkulosis adalah dengan cara mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit tuberkulosis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan yang bertujuan untuk memecahkan atau memberikan solusi atas suatu permasalahan diawali dengan analisis teori dan diikuti dengan pengambilan data dan penerapannya terhadap data.Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung.Pada penelitian ini variabel terikat yang digunakan adalah jumlah kasus tuberkulosis dan variabel bebasnya antara lain jumlah kepadatan penduduk, persentase perilaku hidup bersih dan sehat, persentase sumber air bersih, sarana kesehatan, dan persentase rumah sehat. Analisis yang digunakan yaitu analisis Regresi Binomial Negatif. Hasil Penelitian menggunakan analisis Regresi Binomial Negatif diperoleh model yang terbentuk adalah sebagai berikut. μ_i= exp(1,572673+0,016262X_2i+0,570546X_4i ) Berdasarkan model, variabel yang memberikan kontribusi signifikan terhadap jumlah kasus tuberkulosisadalah persentase perilaku hidup bersih dan sehat 〖(X〗_2) danjumlah sarana kesehatan (X_4 )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:48
Last Modified: 26 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34883

Actions (login required)

View Item View Item