Pengembangan E-Modulpada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII

Indriany, Riza (2021) Pengembangan E-Modulpada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIZA_INDRIANY_16029075_1582_2021.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Situasi belajar yang digunakan saat ini merupakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) namun bahan ajar yang digunakan masih belum memadai. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa E-Modul yang valid dan praktis pada materi bilangan bulat untuk peserta didik SMP kelas VII. Sehingga e-modul dapat digunakan sebagai sumber belajar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu penelitian pendahuluan (Preliminary Reseach), pembuatan prototipe (Prototyping Stage), dan fase penilaian (Assessment Phase).Penelitian pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation, prototype 2 dilakukan expert review oleh ahli pendidikan matematika untuk melihat validitas E-Modul yang dikembangkan. Sedangkan prototype 3 dilakukan one to one evaluation dengan mengujicobakan E-Modul yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan belajar yang berbeda. Kepraktisan E-Modul dilihat melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon peserta didik setelah one to one evaluation. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa E-Modul dari aspek Self Instructional, Materi Pembelajaran, Stand Alone , User friendly, Tampilan, Media Elektronik, Pemanfaatan Multimedia, Penggunaan Software, Desain E-Modul, dan Adaptifmempunyai tingkat validitas 84% dengan kategori sangat valid. E-Modul juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket dan wawancara. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Modul pada materi bilangan bulat untuk peserta didik SMP kelas VII dapat dinyatakan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:48
Last Modified: 26 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34882

Actions (login required)

View Item View Item