Optimalisasi Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Balai Baca Rumah Bako dalam Meningkatkan Kearifan Lokal di Kecamatan Ampek-Angkek Kabupaten Agam

Afrimazani, Tika (2021) Optimalisasi Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Balai Baca Rumah Bako dalam Meningkatkan Kearifan Lokal di Kecamatan Ampek-Angkek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_Tika_Afrimazani_17234024_2299_2021.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Balai Baca Rumah Bako dalam meningkatkan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif Objek kajian adalah pengurus dan pengunjung TBM Balai Baca Rumah Bako yang mengikuti kegiatan kearifan lokal. Optimalisasi dikaji dari tiga segi, yaitu; pemanfaatan TBM, ketersediaan koleksi, dan peningkatan setelah memanfaatkan TBM berupa kegiatan-kegiatan masyarakat mengenai kearifan lokal. Untuk mengetahui optimalisasi Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Balai Baca Rumah Bako dalam meningkatkan kearifan lokal di Kecamatan Ampek-Angkek Kabupaten Agam, pembahasan dianalisis menggunakan teori pemanfaatan dari Tefko Saracevic dan Paul B Kantor. Data yang dihasilkan dilakukan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi yaitu pengecekan data melalui penyilangan informasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa; pemanfaatan TBM Balai Baca Rumah Bako dalam meningkatkan kearifan lokal sudah optimal. Kondisi optimal tersebut meliputi sebagian besar indikator. Terdapat beberapa indikator yang perlu ditingkatkan lagi yaitu pada pemanfaatan TBM bagian Operation and environment mengenai petugas dan fasilitas, bagian time, dan pada ketersediaan koleksi. Namun kondisi tersebut tidak berpengaruh banyak terhadap pemanfaatan TBM Balai Baca Rumah Bako yang dilakukan oleh pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:46
Last Modified: 26 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34864

Actions (login required)

View Item View Item