Pengembangan Game Edukasi ‘Weismann’ berbasis Google Sites Konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9

Annisa, Nurul (2021) Pengembangan Game Edukasi ‘Weismann’ berbasis Google Sites Konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_NURUL_ANNISA_17231056_2195_2021.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk game edukasi yang valid dan praktis sebagai alternatif evaluasi pada konsep Sistem Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Hewan Kelas 9. Game ini diberi nama “Weismann” yang diambil dari nama ilmuwan pencetus teori Plasma Nutfah, August Friedrich Leopold Weismann. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu: preliminary research, prototyping stage, dan assesment phase. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis konsep, sedangkan tahap prototyping stage melibatkan evaluasi formatif yang terdiri atas self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket wawancara, angket validasi ahli, dan angket penilaian produk oleh pengguna. Sumber data berasal dari hasil wawancara bersama guru IPA dan peserta didik, hasil penilaian produk oleh expert, serta penilaian penggunaan game oleh guru dan peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan penelitian ini dapat dinyatakan dua hasil. Pertama, penilaian ahli terhadap game edukasi “Weismann” yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai 91,2. Kedua, penilaian guru dan peserta didik terhadap game edukasi “Weismann” berada pada kategori sangat praktis dengan nilai masing-masing 95,9 dan 83,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Weismann” berbasis Google Sites Konsep Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas 9 valid dan praktis digunakan sebagai media evaluasi dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:45
Last Modified: 26 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item