Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Oktavia, Nuri (2021) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NURI_OKTAVIA_14029086_3788_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika diperlukan untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman peserta didik. Permasalahan di SMP Pembangunan Laboratorium UNP adalah hasil belajar matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model discovery learning apakah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu menggunakan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas VIII dengan kelas sampel kelas VIII. A dan kelas VIII. B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Tes hasil belajar berupa soal essay dipakai sebagai instrumen penelitian. Dari analisis data, didapat nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 65,36 dan rata-rata kelas kontrol 55,62. Hasil uji hipotesis dengan uji t didapat P-Value = 0,009 atau tolak Ho karena kurang dari, Sehingga disimpulkan peserta didik yang belajar dengan model discovery learning hasil belajarnya lebih baik daripada peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:51
Last Modified: 25 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34860

Actions (login required)

View Item View Item