Efektivitas Video Tutorial dalam Mengembangkan Keterampilan Membuat Aloevera Candy Bagi Anak Tunarungu (Pre-Eksperimental kelas XI di SLB Yappat Lubuk Sikaping)

Firdiana, Melly Syahara (2021) Efektivitas Video Tutorial dalam Mengembangkan Keterampilan Membuat Aloevera Candy Bagi Anak Tunarungu (Pre-Eksperimental kelas XI di SLB Yappat Lubuk Sikaping). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MELLY_SYAHARA_FIRDIANA_17003016_3214_2021.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Lubuk Sikaping, dimana terdapat perserta didik tunarungu yang berada di kelas XI SLB. Saat pelaksanaan pembelajaran tata boga Peneliti mengamati bahwa perserta didik masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, dimulai dari kesulitan memahami takaran masakan, pengenalan alat dan bahan masakan , lama proses pembuatan masakan, serta rasa bosan dan jenuh saat pembelajaran. Sehingga Peneliti ingin memberikan pembelajaran melalui video tutorial yang menyenangkan serta masakan yang variatif untuk membantu perserta didik mengembangkan bakat dan potensinya. Metode yang Peniliti gunakan adalah Pre-eksperimen design. Peneilitian akan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Pre-test untuk mengetahui kondisi awal perserta didik sebelum diberikan intervensi. Tahap kedua yaitu Intervensi, berupa pemberian perlakuan kepada perserta didik (Video Turorial) dalam pembuatan aloevera candy. Tahapan terakhir yaitu Post-test adalah mengetahui kemampuan peserta didik setelah diberikan intervensi. Nilai yang diperoleh dari tahapan pre�test dan post-test akan diolah melalui Uji Wilcoxon untuk memperoleh perbandingan dan menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data melalui Uji Wilcoxon terhadap kemampuan peserta didik dalam membuat aloevera candy, terbukti bahwa media video tutorial efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan keterampilan vokasional membuat aloevera candy di SLB Yappat Lubuksikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:49
Last Modified: 25 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34858

Actions (login required)

View Item View Item