Pembuatan Komik Sebagai Media Kreatif dalam Upaya Edukasi Anak tentang Virus Covid-19 bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung

Yovita, Yovita (2021) Pembuatan Komik Sebagai Media Kreatif dalam Upaya Edukasi Anak tentang Virus Covid-19 bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Yovita_8026108_3786_2021.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada makalah tugas akhir ini adalah: ( 1) bagaimana tahapan pembuatan komik sebagai media kreatif dalam upaya edukasi anak tentang virus Covid-19 bagi anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung; (2) apa saja kendala dalam pembuatan komik sebagai media kreatif dalam upaya edukasi anak tentang Virus Covid-19 bagi anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung dan upaya yang dilakukan. Tujuan penulisan makalah tugas akhir ini, untuk mendeskripsikan: ( 1) proses pembuatan komik sebagai media kreatif dalam upaya edukasi anak tentang Virus Covid-19 bagi anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung; dan (2) kendala yang ditemukan dan upaya yang dilakukan dalam pembuatan komik sebagai media kreatif dalam upaya edukasi anak tentang Virus Covid-19 bagi anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Lansek, Kabupaten Sijunjung. Makalah tugas akhir ini menggunakan jenis metode kualitatif action search. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca sumber-sumber literatur dan media infomasi yang tersedia sebagai bahan yang dituangkan dalam makalah tugas akhir ini. Hasil dari pembahasan pada makalah tugas akhir ini. Pertama, pembuatan komik melalui beberapa tahapan; (a) menentukan tema atau topik; (b) menentukan tokoh atau figuran; ( c) menentukan watak atau karakter yang akan diperankan; (d) menentukan latar tempat; (e) menentukan latar waktu; (f) menentukan latar suasana; (g) menentukan amanat; (h) menentukan judul; (i) membuat naskah; (j) menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan; (k) membuat partisi atau kotak-kotak pada media gambar; (1) membuat sketsa dan halon kata; (m) memindahkan sketsa akhir ke computer; (n) gunakan aplikasi membuat komik/gambar; (o) masukkan sketsa pada aplikasi; (p) ikuti garis garis yang ada pada sketsa menggunakan mouse atau touchpad; (q) mewamai gambar sehingga menjadi komik yang utuh; (r) finishing; (s) menyimpan lembar komik; (t) uji coba produk. Kedua, kendala dalam pembuatan komik; (a) menggambarkan karakter yang sesuai, upaya yang dilakukan mengorganisasikan sifat dan perilaku tokoh setelah itu membuat sketsa; (b) menggambarkan latar belakang, upaya yang dilakukan mencari referensi yang ada di internet, setelah itu sktech gambar tersebut dengan style gambar sendiri; (c) menentukan wama dan tone yang sesuai dengan target pembaca, upaya yang di lakukan menggunakan wama yang terang namun lembut dengan kesan yang hangat kekuning-kuningan agar nyaman di baca karena target pembaca adalah anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:47
Last Modified: 25 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34852

Actions (login required)

View Item View Item