Pemanfaatan INLISLite (Integrated Library System) oleh Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau: Analisis Technology Acceptance Model (TAM)

Rehadi, Windi Persia (2021) Pemanfaatan INLISLite (Integrated Library System) oleh Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau: Analisis Technology Acceptance Model (TAM). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_WINDI_PERSIA_REHADI_17234065_2937_2021.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Pemanfaatan INLISLite (Integrated Library System) oleh Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau: Analisis Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber, pengumpulan data, dan waktu. Hasil penelitian menujukan bahwa, kemudahan (perceived ease of use) dalam mengoperasikan aplikasi INLISLite ini cukup mudah oleh pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, selanjutnya dilihat dari segi kebermanfaatan (perceived usefulness) yang menunjukan bahwa di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau juga sangat bermanfaat dalam mengerj akan tugas-tugas perpustakaan, kemudian dilihat juga dari sikap terhadap penggunaan (attitude towards use) dalam menggunakan aplikasi INLISLite yang mana menujukan bahwa di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau penggunaan aplikasi INLISLite berjalan dengan lancar hanya saja belum sepenuhnya berjalan dengan baik, yang mana terdapat beberapa kendala dalam menggunakan aplikasi INLISLite tersebut dengan begitu mengkibatkan lama dalam pengoperasiannya. Selanjutnya dilihat dari perilaku (behavior Intention) dalam menggunakan aplikasi INLISLite menunjukan bahwa perilaku pegawai dalam menggunakan aplikasi INLISLite lebih menarik dari sebelumnya dengan begitu membuat pegawai senang dalam menggunakan aplikasi INLISLite, dan yang terakhir yaitu penggunaan nyata (actual System use) yang mana dalam menggunakan aplikasi INLISLite pegawai tidak merasa bosan dalam menggunakan aplikasi INLISLite karena INLISLite cukup mudah untuk di pelajari di tambahnya dengan adanya modul-modul yang di berikan oleh perpusnas dengan begitu tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajari aplikasi INLISLite tersebut. Namun, terdapat beberapa kendala yang ditemukan seperti, ketidak sesuaian dalam menginput data, gapteknya pegawai dalam menggunakan aplikasi INLISLite, selanjutnya akses sambungan jaringan komputer yang tidak stabil. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau hendaknya melakukan pelatihan untuk pegawai perpustakaan dalam menggunakan aplikasi INLISLite.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:47
Last Modified: 25 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item