Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Putri, Juanna Eka (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_JUANNA_EKA_PUTRI_17129342_4413_2021.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa guru dalam pembelajaran tematik terpadu kurang melibatkan masalah nyata yang ada di sekitar siswa, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar khususnya ranah pengetahuan. Hal tersebut berkaitan dengan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan karena model pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan pada materi tematik terpadu Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif metode eksperimen yang desainnya eksperimen semu bentuk the non-equivalent pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan probability sampling jenis cluster random sampling. Berdasarkan teknik sampling yang digunakan terpilih kelas IVD sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas IVA sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen tes jenis pilihan ganda khusus ranah pengetahuan. Hasil penelitian yang diuji berasal dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,667 dan kelas kontrol sebesar 75,963. Setelah analisis prasyarat terpenuhi, maka dilukaukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α=0,05. Setelah perhitungan, diperoleh thitung=2,293 dan ttabel=1,674 artinya thitung>ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi yang menunjukkan seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar yaitu sebesar 49,9%. Berdasarkan perhitungan menunjukkan bahwa hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:44
Last Modified: 25 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34842

Actions (login required)

View Item View Item