Hubungan Keterampilan Sosial dengan Agresivitas Siswa SMP Negeri 1 Padang Panjang

Nafilah, Himma (2021) Hubungan Keterampilan Sosial dengan Agresivitas Siswa SMP Negeri 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HIMMA_NAFILAH_17006144_3470_2021.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini ditemukan tingkat agresivitas remaja semakin meningkat yang dipicu oleh salah tafsir karena keterbatasan keterampilan sosial yang dimilikinya. Agresivitas merupakan suatu tindakan kekerasan yang dapat merugikan orang lain baik secara fisik maupun verbal. Agresif yang terjadi seperti, menyerang, memukul, menendang, mencemooh dan berkata kasar. Hal yang memicu terjadinya agresivitas yaitu kurangnya keterampilan sosial pada diri siswa tersebut. Faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas yaitu kurangnya keterampilan sosial, ingin menguasai keadaan, meniru model dan rasa marah yang ditekan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keterampilan sosial dan agresivitas serta bagaimana hubungan keterampilan sosial dengan agresivitas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa SMP Negeri 1 Padang Panjang berjumlah sebanyak 598 orang dengan pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling yang berjumlah sebanyak 278 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket keterampilan sosial dan agresivitas dengan model skala likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan rumus Pearson Product Moment untuk menguji hubungan kedua variabel dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) keterampilan sosial siswa berada pada kategori tinggi, (2) agresivitas siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang negatif signifikan dengan derajat hubungan yang lemah antara keterampilan sosial dengan agresivitas dengan koefisien sebesar -0,222 dengan nilai signifikan 0,000. Artinya semakin tinggi keterampilan sosial maka semakin rendah agresivitas siswa, sebaliknya semakin rendah keterampilan sosial maka semakin tinggi agresivitas siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:43
Last Modified: 25 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34834

Actions (login required)

View Item View Item