Analisis Capaian Literasi STEM Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung

Kaban, Media Wati (2021) Analisis Capaian Literasi STEM Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MEDIA_WATI_KABAN_17031160_3484_2021.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Literasi STEM merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi, menerapkan, dan mengintegrasikan konsep dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika untuk memahami suatu masalah yang kompleks dan berinovasi untukmenyelesaikannya. STEM memiliki manfaat agar dapat membuat peserta didik terampil di semua bidang termasuk dalam bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika.Literasi STEM dalam pembelajaran biologi berdampak positif dimana literasi STEMdapat membuat peserta didik menjadi lebih kreatif, mendefinisikan masalah,menafsirkan data, dan menggunakan teknologi informasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 9 Sijunjung diketahui pengaruh perkembangan teknologi sangat besar bagi peserta didik, namun peserta didik di sekolah tersebut masih kurang antusias dalam membaca, kurang terampildalam menggunakan teknologi, akan tetapi rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika sangat baik dan pada saat pembelajaran biologi peserta didik belum mampu menerapkan literasi sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Selain itu belum diketahuinya analisis capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 9 Sijunjung yang berjumlah 56 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitusampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal literasi STEM sebanyak 17 soal. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa capaian literasi STEM peserta didik padapembelajaran biologi kelas X MIPA di SMA Negeri 9 Sijunjung berada pada kategori sedang dengan persentase 60,52%. Dengan literasi sains 59,58%, literasiteknologi dan rekayasa 42,85%, dan literasi matematika 73,65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:43
Last Modified: 25 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34833

Actions (login required)

View Item View Item