Potensi Beberapa Isolat Trichoderma spp. dalam Penyerapan Hara Kalium (K) pada Padi Gogo (Oryza sativa L. var. silampung)

Yuliana, Maya (2021) Potensi Beberapa Isolat Trichoderma spp. dalam Penyerapan Hara Kalium (K) pada Padi Gogo (Oryza sativa L. var. silampung). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MAYA_YULIANA_17032103_3284_2021.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi beberapa isolat Trichodermaspp. dalam penyerapan hara kalium (K) pada padi gogo (Oryza sativaL. var. silampung). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan dari September 2020 sampai Maret 2021 di Laboratorium Mikrobiologi, Rumah Kawat Jurusan Biologi, dan Laboratorium Analisis KimiaJurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Pengamatan serapan hara diamati pada tanaman yangsebelumnya telah diberi beberapa isolat yang berbeda. Isolat tersebut berasal dari rizosfer tanaman padi Remaja, Situ Bagendit, Sirandah Batuampa, KetanRancong Tolang dan Cisokan Balang. Analisis serapan hara kalium pada padi gogo menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS). Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase serapan kalium (K) tertinggi ditemukan pada standar (tanpa Trichoderma spp.) dengan kadar serapan kalium 0,66% dan persentase serapan kalium terendah berasal dari pemberianisolat SRBA 0,63%, isolat KRT 0,60%, isloat RE 0,59%, isolat SBT0,59%, dan isolat SB 0,58%. Berdasarkan hasil tersebut yang dibandingkan dengan standar, maka disimpulkan bahwa isolat Trichoderma spp. tidakberpotensiuntuk meningkatkan serapan hara kalium pada tanaman padi gogo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:42
Last Modified: 25 Oct 2021 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34831

Actions (login required)

View Item View Item