Model Konseptual Perangkat Pembelajaran Berorientasi Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi untuk Pembelajaran Fisika SMA

Andoko, Kurnia (2021) Model Konseptual Perangkat Pembelajaran Berorientasi Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_KURNIA_ANDOKO_17033022_3833_2021.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan mengetahui validitas dari model konseptual dimensi pengetahuan dan proses kognitif pada perangkat pembelajaran materi keseimbangan dan dinamika rotasi untuk pembelajaran fisika SMA.Jenis penelitian adalah Research And Development (RnD) dengan mengambil model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation) yang direduksi sampai tahap development.Subjek penelitian yaitu 3 orang dosen fisika UNP dan 3 orang guru fisika dari SMAN 2, 4, dan 12 Kerinci dengan objek penelitian yaitu perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi berorientasi dimensi pengetahuan dan proses kognitif materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Hasil analisis datasetelah dilakukannya penyempurnaan produk diperoleh nilai validasi pada RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi menurut tim ahli dengan rata-rata 84,67% dan menurut tim praktisi dengan rata-rata 94,58%. Secara keseluruhan diperoleh skor 89,63% pada kategori sangat valid dan dapat dilanjutkan uji lapangan untuk menentukan praktikalitas dan efektifitasnya dalam pembelajaran fisika di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:41
Last Modified: 25 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34824

Actions (login required)

View Item View Item