Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Karakter Religius Anak Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Al-Furqon Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecataman Koto Tangah Kota Padang.

Guchi, Gilang Ariesta (2021) Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Karakter Religius Anak Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Al-Furqon Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto, Kecataman Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_GILANG_ARIESTA_GUCHI_16005011_2167_2021.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter religius anak yang belajar Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Al-Furqon Desa Sikuliek Kecataman Koto Tangah Kota Padang. Hal ini diduga karena pola asuh orang tuanya yang kurang tepat dan kurang maksimal sehingga berdampak negatif kepada kepribadian anak terkhusus pada pembentukkan karakter religius anak. berdasarkan fenomena tersebut maka tujuan penelitian ini adalah menggambarkan pola asuh orang tua menurut anak, menggambarkan karakter religius anak dan mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukkan karakter religius anak. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Populasi yang termasuk dalam penelitian ini yaitu seluruh anak yang belajar mengaji di Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Al-Furqon. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengambilan data adalah angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan sperman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua yang rendah, karakter religius anak yang rendah dan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan pembentukkan karakter religius anak. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan orang tua dapat memilih dan memilah pola asuh seperti apa yang hendak diterapkan kepada anak, lebih memperhatikan anak dan menjadi contoh teladan bagi anaknya karena lingkungan keluarga sangat menetukkan terhdap pembentukkan karakter religius anak serta adanya kerja sama antara orang tua dengan pengurus TPA untuk ikut memotivasi anak secara terus menerus mengikuti pembelajaran di TPA sehingga dapat memaksimalkan pembentukkan karakter religius anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:08
Last Modified: 25 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34811

Actions (login required)

View Item View Item