Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Pariaman

Hasanah, Fitri (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FITRI_HASANAH_17004083_4569_2021.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran IPA di SMPN 3 Pariaman, terlihat bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Centered) dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. Dalam pembelajaran guru menggunakan pembelajaran metode ceramah dan tanya jawab, pemanfaatan dan kontrol kelas dalam pembelajaran terlihat belum tergambar baik, penyajian materi yang kurang menarik, kurangya pemanfaatan media pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi cepat bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti akan melaksanakan ekperimen terhadap penggunaan model Quantum Teaching and Learning berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Pariaman. Penetitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment untuk melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 dan siswa kelas VIII5 masing– masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar tes sebanyak 50 butir pertanyaan pilihan ganda dan alat pengumpulan data digunakan lembaran jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan dua rata- rata (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 3 Pariaman diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen yang mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning berbantuan Mind Mapping lebih tinggi yaitu hasil rata-rata kelas kelompok ekperimen sebesar 81,46 dari pada kelompok kelas kontrol yaitu 71,6. Dengan uji-t diperoleh t hitumg > t tabel = 2,45 > 1,170, dengan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan model Quantum Teaching and Learning berbantuan Mind Mapping efektif pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:07
Last Modified: 25 Oct 2021 06:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34809

Actions (login required)

View Item View Item