Analisis Penggunaan Larutan Pertamax Turbo dan Pertamina Dex terhadap Ekstraksi Kadar Aspal pada Jalan Raya Sei Lareh Kota Padang.

Anggriani, Yuyun (2021) Analisis Penggunaan Larutan Pertamax Turbo dan Pertamina Dex terhadap Ekstraksi Kadar Aspal pada Jalan Raya Sei Lareh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YUYUN_ANGGRAINI_17323016_2606_2021.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Ekstraksi merupakan proses pemisahan dua zat atau lebih menggunakan pelarut, dimana pelarut mempengaruhi hasil dari ekstraksi. Umumnya pelarut yang digunakan dalam ekstraksi kadar aspal adalah bensin, solar, pertalite dan pertamax. Penelitian ini menggunakan larutan pertamax turbo dan pertamina dex. Tujuan penelitian ini mengetahui kadar aspal hasil ekstraksi menggunakan larutan pertamax turbo dan pertamina dex pada ruas Jalan Raya Sei Lareh Kota Padang. Jalan ini dilakukan peningkatan tahun 2019 dengan kadar aspal rencana 6,3%, tetapi pada umur peningkatan 1 tahun 1 bulan jalan mengalami keretakan yang mungkin diakibatkan: kadar aspal, cuaca dan tonase kendaraan. Kadar aspal sangat mempengaruhi karakteristik perkerasan, dikarenakan akan mempengaruhi durabilitas dan keawetan perkerasan aspal. Data primer didapatkan pada penelitian berupa nilai kadar aspal hasil ekstraksi dan analisis saringan. Berdasarkan pengolahan data, nilai rata-rata kadar aspal menggunakan pertamax turbo 6,2% dengan deviasi rata-rata -0,1%, sedangkan nilai kadar aspal menggunakan pertamina dex 8,67% dengan deviasi rata-rata +2,4%. Bina Marga Tahun 2010 Divisi 6 Revisi 3 menyebutkan toleransi kadar aspal adalah sebesar ±0,3%, sehingga didapatkan penggunaanlarutan pertamax turbo lebih efektif dibandingkan larutan pertamina dex. Hasil analisis saringan menunjukan agregat yang diekstraksi menggunakan larutan pertamax turbo bergradasi menerus dibandingkan dengan agregat yang menggunakan larutan pertamina dex.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:04
Last Modified: 25 Oct 2021 06:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item