Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SDLB Kota Padang panjang

Saputri, Dini (2021) Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SDLB Kota Padang panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_DINI_SAPUTRA_17003054_3469_2021.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi atau pandangan guru mengenai pembelajaran daring yang diprogram oleh pemerintah. Guru memiliki peran penting dalam melaksanakan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang pelaksanaan pembelajaran daring di SDLB Kota Padang Panjang. Mulai dari perencanaan pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran daring, evaluasi yang diberikan PDBK serta kendala-kendala yang ditemui guru selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan apada penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket kepada guru sebagai responden. Penentuan sampel menggunakan teknik stratified sampling, dengan kreteria responden guru sekolah dasar. Analisis data dengan menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar guru (73,00%) menyetujui untuk melakukan perencanaan pembelajaran daring sebelum melakukan proses pembelajaran seperti ; menguasai bahan dan materi ajar, metode dan penggunaan alat perlengkapan pembelajaran, menyampaikan kurikulum, dan membelajarkan siswa sesuai dengan yang diprogramkan, sebagian besar guru (68,20%) sudah melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang seperti ; memotivasi perserta didik, menyiapkan peserta didik, alat penyampaian materi, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, tujuan pembelajaran, kunjungan rumah, sebagian besar guru (71,00%) menyetujui bahwa perlu dilakukan evaluasi mengenai hasil belajar selama melakukan pembelajaran daring, guna untuk melihat ketercapaian dalam memahami materi selama melakukan pembelajaran daring, dan sebagian kecil guru (43,75%) memiliki kendala-kendala dalam melaksanakan proses pembelajaran daring seperti ; penggunaan teknologi, kreatifitas guru, kendala terhadap peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:40
Last Modified: 18 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34792

Actions (login required)

View Item View Item