Bentuk dan Jenis Adjektiva dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Husna, Inna Yatul (2021) Bentuk dan Jenis Adjektiva dalam Bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_INNA_YATUL_HUSNA_17017009_2599_2021.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan (1) bentuk­ bentuk adjektiva, dan (2) jenis­jenis adjektiva dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan para informan yang mengandung adjektiva dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan metode cakap yang dilanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Kegiatan analisis data dilakukan dengan langkah ( 1) mentranskripkan data, (2) mengklasifikasikan data, (3) menganalisis data, (4) menyimpulkan data, dan ( 5) membuat laporan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil sebagai berikut ini. Pertama, berdasarkan bentuknya, ditemukan 2 bentuk adjektiva dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih, yaitu bentuk dasar, dan bentuk turunan yang terdiri atas 5 bentuk, yaitu (1) adjektiva turunan berafiksasi, yang terdiri atas: (a) adjektiva berprefiks, (b) adjektiva bersufiks, dan (c) adjektiva berkonfiks; (2) adjektiva bereduplikasi, yang terdiri atas: (a) adjektiva dwilingga, (b) adjektiva dwilingga salin swara; (3) adjektiva komposisi, yang terdiri atas: (a) adjektiva non idiomatis, (b) adjektiva idiomatis, (c) adjektiva semi idiomatis; (4) adjektiva gabungan proses; dan (5) adjektiva pindahan kelas, yang terdiri atas: (a) adjektiva denominal, dan (b) adjektiva deverbal. Kedua, jenis­jenis adjektiva berdasarkan jenis pemakainya dalam bahasa Minangkabau di Kenagarian Gunung Selasih terdiri atas 11 jenis, yaitu (1) adjektiva tabiat, (2) adjektiva wama, (3) adjektiva ukuran, (4) adjektiva bentuk, (5) adjektiva indera, yang terdiri atas: (a) indera rasa, (b) adjektiva indera pandang, (c) adjektiva indera bau, dan (d) adjektiva indera raba, (6) adjektiva waktu, (7) adjektiva jarak, (8) adjektiva kecepatan, (9) adjektiva kuasa tenaga, (10) adjektiva taraf, dan (11) adjektiva cuaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:40
Last Modified: 18 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34788

Actions (login required)

View Item View Item