Sistem Penyaliran Tambang untuk Mengatasi Genangan Air Limpasan di Front Penambangan Blok Timur Pt. Prima Delin Agro Permai Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Fitri, Yelli (2021) Sistem Penyaliran Tambang untuk Mengatasi Genangan Air Limpasan di Front Penambangan Blok Timur Pt. Prima Delin Agro Permai Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_YELLI_FITRI_19137087_60_2021.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Sistem penambangan PT. Prima Delin Agro Permai menerapkan sistem tambang terbuka. Sistem penambangan secara terbuka sangat dipengaruhi oleh cuaca, salah satunya ketika terjadinya hujan. Penambangan yang menerapkan sistemtambangterbukaharusmemilikiperencanaanpenyalirantambangyangbaik untuk mengatasi genangan air di front penambangan sehingga dapat mengganggu proses penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pompa, merancang dimensi sump dan saluran terbuka agar air yang masuk kefront penambangan dapat tertampung dan tidak mengganggu aktivitas penambangan. Metode pemecahan masalah dilakukan dengan menghitung debit air limpasan, debit air tanah dan debit air total yang menggenangi front penambangan blok timur. Selain itu menghitung debit pemompaan untuk selanjutnya di lakukan analisis untuk memberikan beberapa rekomendasi untuk pemecahan masalah yang terkait penanganan debit air yang masuk ke front penambangan Blok Timur. Beberapa hasil rekomendasi sistem penyaliran tambang yaituRekomendasi I penambahan 6 unit pompa. Rekomendasi II, saluran pengalihan yang dapat meminimalisirdebitlimpasandengankemiringandasarsaluran(S)=0,30%,lebar dasar saluran (b) = 0,5 m, Tinggi saluran (H)= 0,625 m dan luas penampang (A) = 0,375 m². Rancangan III, dimensi sump yang optimal untuk menampung debit air total yaitu dengan volume maksimal 21. 512 m³, perencanaan berdasarkan kebutuhandidapatkandimensisumpdenganpanjangpermukaansumurandanlebar permukaan sumuran sebesar 69 m panjang dasar dan lebar dasar sumuran sebesar 62 m dengan kedalaman sebesar 5 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:40
Last Modified: 18 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item