Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Masuk 2018 dalam Memahami Teks Bahasa Jepang

Nurulhuda, Hanifah (2021) Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Masuk 2018 dalam Memahami Teks Bahasa Jepang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_HANIFAH_NURULHUDA_16180027_58_2021.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Jepang pemahaman teks bahasa Jepang termasuk ke dalam mata kuliah dokkai. Dokkai adalah salah satu matakuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang Universita Negeri Padang selama kurang lebih 3 tahun atau 6 semester. Pada teks bahasa Jepang tidak menggunakan huruf romaji, tetapi menggunakan 3 macam huruf yang berbeda, yaitu huruf hiragana, katakana dan kanji yang menyebabkan teks bahasa Jepang sulit untuk dipahami. Banyaknya mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang tahun masuk 2018 mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Jepang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 39 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan menggunakan rumus skala likert. Sedangkan teknik analisis data yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini didapatkan kesulita-kesulitan yang dialami mahasiswa antara lain pada sub indikator kanji dengan persentase 74,35%. Pada indikator lingusitik mahasiswa kesulitan pada sub indikator kosakata dengan persentase 63,7%, pola kalimat dengan persentase 64% dan makna dengan persentase 61,7%. Lalu pada indikator pola ejaan dan bunyi mahasiswa hanya kesulitan pada sub indikator Menyuarakan/intonasi dalam membaca dengan persentase 63,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:40
Last Modified: 18 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item