Kesiapan Siswa Mengerjakan Tugas di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA N 11 Padang

Reski, Dinda Jengtika (2021) Kesiapan Siswa Mengerjakan Tugas di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA N 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DINDA_JENGTIKA_RESKI_17006128_3116_2021.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya kesiapan siswa mengerjakan tugas yang menurun pada saat masa pandemi Covid-19, Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tidak memiliki buku panduan saat mengerjakan tugas, serta ada siswa yang mengundur-undur waktu saat mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tingkat kesiapan siswa mengerjakan tugas, (2) mendeskripsikan bentuk kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas, dan (3) peran guru BK untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas di SMA N 11 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMA N11 Padang pada tingkatan kelas X, dan XI berjumlah 224 orang. Pengumpulan data menggunakan angket model skala likert, data dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1)Kesiapan siswa mengerjakan tugas dilihat dari aspek pemahaman materi, penyediaan sumber, penyelesaian tugas, dan penyerahan tugas berada pada kategori ‘’Cukup Siap’’ Artinya kesiapan siswa mengerjakan tugas dalam masa pandemi belum optimal, (2) Bentuk kesulitan siswa mengerjakan tugas di SMA N 11 Padang cukup bervariasi, yang paling banyak ditemukan ialah a) kurang memperhatikan jadwal pengumpulan tugas, b) mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan bentuk dan instruksi dari guru, c) keterbatasan buku sumber yang dimiliki, d) siswa tidak siap untuk menyelesaikan tugas dikarenakan gangguan jaringan/internet, dan paling sedikit ditemukan ialah e) siswa kurang mencari tahu contoh penugasan yang harus dikerjakannya. Peran guru BK untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas antara lain ialah: a) memberikan layanan informasi, b) layanan penguasaan konten, c) layanan konseling perorangan, dan d) layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:39
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34782

Actions (login required)

View Item View Item