Respon dan Kendala Guru MAN se-Kota Padang Panjang dan Peserta Didik Jurusan IPA MAN 1 Padang Panjang terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi

Yenti, Fitri (2021) Respon dan Kendala Guru MAN se-Kota Padang Panjang dan Peserta Didik Jurusan IPA MAN 1 Padang Panjang terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FITRI_YENTI _17031141_3184_2021.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan saat ini memasuki era yang berbasis informasi dan teknologi yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing secara global serta menguasai teknologi. Respon adalah suatu tanggapan, sikap dan reaksi terhadap stimulus yang diterima oleh panca indra yang biasanya diwujudkan dalam bentuk prilaku karena rangsangan dari lingkungan. Hasil observasi respon terhadap pembelajaran online saat ini masih rendah dengan penggunaan teknologi yang masih kurang dalam pendidikan. Hal ini terlihat dari kurangnya respon dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran online. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan kendala guru MAN se-Kota Padang Panjang dan peserta didik Jurusan IPA MAN 1 Padang Panjang terhadap pembelajaran online selama pandemi pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan subjek penelitian adalah seluruh guru biologi MAN se-Kota Padang Panjang dengan jumlah 5 orang dan peserta didik Jurusan IPA MAN 1 Padang Panjang dengan jumlah 206 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner keterlaksanaan dan respon. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase (%) dari jawaban guru dan peserta didik Jurusan IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru sebesar 72,86% dan peserta didik 66,31% dengan kategori cukup baik. Ada beberapa kendala yang dialami guru dan peserta didik seperti kendala teknis maupun kendala sosial yang menyebabkan pembelajaran kurang terlaksana dengan baik. Kendala-kendala yang ditemukan hendaknya menjadi bahan masukan dan koreksi bagi guru agar tujuan pelaksanaan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan 1) respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran online dikategorikan cukup baik, 2) kendala guru dan peserta didik terhadap pembelajaran online dapat dikategorikan berdasarkan aspek akses, perangkat dan aplikasi, materi, efektivitas, kesulitan, dan evaluasi pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:39
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item