Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Hukum Newton dengan Kvisoft Flipbook Maker terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh

Ayu, Dona Fitri (2021) Pengaruh Bahan Ajar Elektronik Hukum Newton dengan Kvisoft Flipbook Maker terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DONA_FITRI_AYU_17033010_2185_2021.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Abad 21 merupakan abad berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dituntut pada abad 21. Guru dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran salah satunya melalui penggunaan bahan ajar yang memanfaatkan teknologi. Kehadiran bahan ajar yang memanfaatkan teknologi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Fakta yang ditemukan di sekolah, bahan ajar yang digunakan siswa masih tergolong rendah dalam pemanfaatan teknologi. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah dilihat dari nilai rata-rata UTS siswa kelas X IPA yaitu 51,67. Solusi masalah ini yaitu menerapkan bahan ajar elektronik hukum Newton dengan Kvisoft Flipbook Maker terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol hanya dengan postest secara randomisasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh yang terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2020-2021. Pengambilan sampel menggunakan kriteria tertentu dengan membagi populasi menjadi beberapa kelompok yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian adalah penilaian observasi untuk aspek sikap, tes tertulis untuk aspek pengetahuan dan penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data nilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan dianalisis dengan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil analisis aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar elektronik hukum Newton dengan Kvisoft Flipbook Maker memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh pada taraf kepercayaan 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar elektronik hukum Newton dengan Kvisoft Flipbook Maker efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:39
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34780

Actions (login required)

View Item View Item