Gerakan Sosial Perempuan dalam Penolakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal di Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok

Rahmi, Suhai Ratu (2020) Gerakan Sosial Perempuan dalam Penolakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal di Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SUHAI_RATU_RAHMI_990_16058127_2020.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi munculnya aktor penggerak perempuan dalam aksi penolakan pembangunan pembangkit listrik tenaga geothermal Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan perempuan melanjutkan aksi penolakan pembangunan geothermal.Teori yang digunakan adalah teori contentious politics yang dikembangkan oleh Dough McAdam, Sydney Tarrow dan Charles Tilly. Teori contentious politics berguna ketika menerapkan beberapa variabel mekanisme, dan elemen teori itu sendiri seperti mekanisme lingkungan, mekanisme kognitif dan mekanisme relasi serta mekanisme lainnya yaitu mekanisme struktur ancaman politik, mekanisme peranan perantara, dan mekanisme peran simbolisasi perlawanan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus intrinsik dan pemilihan informan dengan teknik purposive sampling sebanyak 13 orang informan. Dalam pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi pengamat dari Neuman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan perempuan melakukan aksi penolakan disebabkan oleh beberapa aspek yang mempengaruhi. Aspek tersebut, yaitu (1) Awal munculnya aksi penolakan (2) Perempuan sebagai aktor penggerak dalam aksi penolakan pembangunan geothermal: a) Mengurangi kekerasan, b) Hubungan kekerabatan, c) Tokoh kharismatik, d) Dukungan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, e) Dukungan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:38
Last Modified: 18 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34774

Actions (login required)

View Item View Item