Pengembangan Media Pembelajaran Komik Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Konflik Sosial Dalam Mata Pelajaran Sosiologi

Nella, Septry Rachma (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Konflik Sosial Dalam Mata Pelajaran Sosiologi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SEPTRY_RACHMA_NELLA_1114_16058020_2020.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media komik mengenai materi konflik sosial yang layak digunakan dari segi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Pengembangan media komik ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI. Media komik dirasa cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran, karena komik memiliki gambar dan warna-warna yang bisa menarik perhatian peserta didik. Alur cerita pada komik juga didirancang semenarik mungkin agar peserta didik mau membacanya hingga selesai. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and developmet (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan milik Bord And Gall. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Payakumbuh dengan sumlah 36 peserta didik. Kelayakan produk ini dari segi validitas telah diuji oleh dua orang ahli dengan hasil validitas media dengan ratarata 4,10 dengan nilai validitas 82% (sangat baik). Untuk validitas materi diperoleh rata-rata 4.5 dengan nilai validitas 90% (sangat baik). Sedangkan pratikalitas media mendapatan rata-rata 4.65. Terakhir untuk uji keefektifan media didapatkan perbandingan thitung > ttabel yang artinya medi komik efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:38
Last Modified: 18 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item View Item