Hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara

Yanti, Delfi Zulkifli (2021) Hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DELFI_ZULKIFLI_YANTI_17006086_3316_2021.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil penilaian yang diperoleh dari kegiatan persekolahan yang bersifat kognitif dan ditentukan melalui kegiatan pengukuran dan penilaian. Salah satu penentu prestasi belajar adalah siswa mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar adalah kondisi yang menimbulkan hambatan dalam proses belajar. Kesulitan-kesulitan belajar akan mempengaruhi pencapaian siswa dalam memperoleh prestasi belajar yang tinggi. Kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah, siswa tidak mampu mengatur waktu untuk belajar, ada siswa yang kurang memahami konsep pelajaran, serta ada siswa yang mengalami kesulitan dalam sarana belajar sehingga menghambat proses belajar yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi terganggu. Adversity quotient (AQ) sangat diperlukan dalam hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk adversity quotient (AQ), (2) prestasi belajar siswa, dan (3) menguji hubungan adversity quotient (AQ) dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian 701 orang siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara dan sampel 277 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner adversity quotient (AQ ) dan prestasi belajar dilihat dari dokumen nilai semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan adversity quotient (AQ ) dengan prestasi belajar siswa melalui program statistik SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) adversity quotient (AQ ) berada pada kategori sedang, (2) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara bentuk adversity quotient (AQ ) dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,218 dengan nilai signifikan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai Pearson Correlation sebesar 1 dengan tingkat hubungan lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:19
Last Modified: 15 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34758

Actions (login required)

View Item View Item