Hubungan Karakter Disiplin dan Karakter Tanggung Jawab Siswa dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang

Martias, Mia Fahira (2020) Hubungan Karakter Disiplin dan Karakter Tanggung Jawab Siswa dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_MIA_FAHIRA_MARTIAS_1274_15058088_2020.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Padang yang dilatar belakangi oleh redahnya hasil belajar sosiologi siswa dan kurang tertanam dengan baik nilai karakter disiplin pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adakah hubungan antara rendahnya hasil belajar sosiologi siswa dengan karakter disiplin siswa. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk mengetahui hubungan karakter disiplin siswa dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Padang sebanyak 97 orang peserta didik. Ukuran sample penelitian sebanyak 78 orang peserta didik, selanjutnya sample setiap kelas ditentukan dengan teknik propostional random sampling. Variabel yang diteliti yaitu: (1) variabel bebas: karakter disiplin (X), (2) variabel terikat: hasil belajar siswa (Y). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dengan skala likert. Keabsahan data menggunakan uji validitas, uji normalitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel karakter disiplin siswa dengan hasil belajar sosiologi peserta didik XI IPS di SMA Negeri 4 Padang yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (rᵪᵧ) 1,112 > (rt) 0.227.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:18
Last Modified: 15 Oct 2021 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34753

Actions (login required)

View Item View Item