Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko

Ikhlasani, Inti (2021) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INTI_IKHLASANI_17016088_307_2021.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 168 siswa yang tersebar di enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 25% menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif penguasaan kosakata bidang lingkungan dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks pidato persuasif. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 76,13. Kedua, keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 70,37. Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata bidang lingkungan dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko dengan derajat kebebasan n- 1 dan taraf signifikan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena thitung (4,94) lebih besar daripada 1tabel (1,68). Dengan dernikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks pidato persuasif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:21
Last Modified: 15 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34748

Actions (login required)

View Item View Item