Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMA Negeri 6 Padang

Darlin, Hartania (2021) Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HARTANIA_DARLIN_15058005_824_2021.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi minat baca orang Indonesia rendah termasuk sekolah menengah atas. Idealnya dengan banyak membaca kita akan mendapatkan wawasan yang luas, dan untuk siswa dengan banyak membaca bisa terbantu dalam proses belajar disekolah maupun dirumah. Untuk itu sekolah berperan sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kepala sekolah, pengelola pustaka dan guru. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah Teori Aksi oleh Talcott Parson. Dalam teori ini menjelaskan bahswa setiap individu melakukan sesuatu tindakan berdasarkan pengalam, pemahaman,persepsi juga pemafsiran pada sesuatu objek tertentu. Tindakan individu itu merupakan tindakan sosialyang rasional yaitu dalam mencapai tujuan dan sasaran dengan cara mendapat sarana yang paling tepat. Kemampuan inilah yang disebut oleh Talcott Parson sebagai voluntarisme yaitu kemampuan individu untuk melakukan tindakan dalam menetapka cara atau alat dan sejumlah altematif yang tersedia dalam rangka mencapai tujuannya. Sekolah berperan sebagai aktor yaitu kepala sekolah, pengelola pustaka dan guru yang memiliki tujuan dalam upaya sekolah meningkatkan minat baca siswa. sekolah yaitu kepala sekolah, pengelola pustaka dan gurumempunyai masing-masing cara untuk mencapai tujuannya dalam upaya meningkatkan minat baca siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan sekolah sudah berupaya dalam meningkatkan minat baca siswa dengan cara kepala sekolah membuat program sekolah, membuat tempat-tempat baca untuk siswa dan mengedakan perlombaan yang menunjang siswa dalam minat baca. Guru upaya dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan mewajibkan siswa membaca setiap proses belajar dan menyimpulkan hasil bacaan secara bersama-sama, memotivasi siswa untuk selalu membaca melalui pengalaman pribadi guru maupun lewat sarana dan prasarana sekolah. Pengelola pustaka berupaya membuat perpustakaan senyaman mungkin, melengkapi bahan bacaan yang ada diperpustakaan baik buku pelajaran maupun buk non fiksi, bekerjasama dengan guru dan siswa agar menjadikan perpustakaan sekolah menjadi sumber belaja dan juga melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:19
Last Modified: 15 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34741

Actions (login required)

View Item View Item