Proses Pembelajaran Sejarah Menggunakan WhatsApp Pada Masa Pandemi di SMAN 6 Padang

Kurniawan, Yoga (2021) Proses Pembelajaran Sejarah Menggunakan WhatsApp Pada Masa Pandemi di SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_YOGA_KURNIAWAN_16046043_319_2021.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dan situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, berdampak kepada aspek kehidupan terutama dunia pendidikan. Pemerintah menginstruksikan pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring (online). Perubahan mendadak pelaksanaan belajar mengajar ini menuntut guru dan siswa untuk mampu menguasai media belajar daring yang ada. Salah satu media belajar online yang digunakan yaitu WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp pada masa Pandemi di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran sejarah dan siswa kelas XII IPS 1 SMAN 6 Padang. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumen rekam jejak digital. Sedangkan teknik analisis yaitu model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada persiapan pembelajaran sejarah, guru dari rumah atau dari sekolah bersiap-siap melaksanakan pembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp melalui smartphone dan melalui WhatsApp Web pada laptop. Sementara itu, siswa bersiap mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp dari rumah melalui smartphone. Guru mempersiapkan bahan ajar dan tugas yang akan diberikan kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui WhatsApp diawali guru mengucapkan salam dan menyapa para siswa lalu diikuti kegiatan pengisian daftar hadir oleh siswa sesuai nomor urut absen di dalam grup kelas WhatsApp. Selanjutnya guru meminta siswa membaca sumber belajar dan sumber lain yang relevan. Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penugasan kepada siswa dengan batas waktu pengerjaaan selama 7 hari. Tugas tersebut difotokan dan dikirim kepada guru via WhatsApp secara pribadi sebagai bukti siswa telah mengikuti proses belajar sejarah dengan menggunakan WhatsApp. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp pada masa pandemi di SMAN 6 Padang ini seperti masa sebelum Pandemi Covid-19 namun disesuaikan dengan pembelajaran secara daring, tidak bertemunya guru dan siswa secara tatap muka dan pembelajaran sejarah hanya berfokus kepada pemberian tugas. Disarankan kepada guru memanfaatkan fitur panggilan suara, video dan catatan suara untuk menunjang proses mengajar sejarah. Siswa disarankan agar maksimal menggunakan WhatsApp untuk berdiskusi, tanya jawab antar guru dan antar siswa serta berbagi ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:18
Last Modified: 13 Apr 2023 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34732

Actions (login required)

View Item View Item