Upaya Pencapaian Target Produksi pada Operasi Pengangkutan Batu Bara dari Temporarry 1F menuju Dump Hopper 4 Blok Timur PT. Bukit Asam Tbk., Banko Barat Tanjung Enim Sumatera Selatan

Nurhady, Adib (2021) Upaya Pencapaian Target Produksi pada Operasi Pengangkutan Batu Bara dari Temporarry 1F menuju Dump Hopper 4 Blok Timur PT. Bukit Asam Tbk., Banko Barat Tanjung Enim Sumatera Selatan. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_ADIB_NURHADY_16080002_4262_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

PT Bukit Asam,Tbk sebagai salah satu BUMN dibawah Departemen Pertambangan dan Energi, merupakan pengelolaan utama industri pertambangan batubara di Indonesia,berlokasi di Tanjung Enim,Sumatera Selatan. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Bukit Asam adalah tambang terbuka dengan metode konvensional dan continuous mining yang berlokasi di Tambang Air Laya (TAL),Tambang Muaro Tiga besar (MTB),dan Tambang Banko Barat.Lokasi Penambangan di Pit 1 Utara dan Temporary 1F merupakan bagian dari areal penambangan Tambang Banko Barat yang di tambang dengan metode penambangan terbuka (surrface mining) yang dilakukan dengan sistem penambangan konvensional (kombinasi Excavator dan Dump Truck). Target produksi pada pengangkutan batubara yang telah direncanakan oleh PT Bukit Asam, Tbk pada bulan Agustus 2019 di Temporary 1F Pit 1 Utara menuju Dump Hopper Banko Barat sebesar 100.525 Ton/bulan.,dan ketercapaian target di lapangan sebesar 95.217,0296 ton/bulan.Hal ini disebabkan karena ketidakserasian kerja alat gali-muat dan alat angkut yaitu MF < 1 dimana terdapat waktu tunggu bagi alat gali-muat untuk menunggu alat angkut yang belum datang,dan waktu kerja yang tidak optimal yang disebabkan beberapa faktor yaitu terlambat memulai kerja, pulang lebih cepat,terlalu cepat istirahat,pengisian BBM dan pengecekan berkala diwaktu produksi,dan keperluan operator lainnya. Untuk mencapai target produksi pada bulan Agustus 2019, sebaiknya dilakukan perbaikan jam kerja efektif atau penambahan unit alat angkut Dump Truck. Dimana setelah dilakukan perbaikan jam kerja, maka produksi untuk bulan selanjutnya akan tercapai.Pada alat gali-muat sebesar 135.192,687 ton/bulan dan pada alat angkut 103.738,798 ton/bulan,apabila kita melakukan pengangkutan batubara dengan menggunakan 1 unit Excavator Volvo EC 480 DL dan 7 unit Dump Truck UD Quester CWE 28.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:13
Last Modified: 15 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item View Item