Peran Kepemimpinan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat dalam Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Arrahman, Tharriq (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat dalam Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_THARRIQ_ARRAHMAN_17042255_4020_2021.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada di Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang yaitu terdapat beberapa permasalahan kedisiplinan yang bisa di lihat dari tingginya tingkat kemangkiran pegawai dan banyaknya pegawai yang tidak mengindahkan peraturan disiplin yang berlaku. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera barat dalam penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil. Latar belakang dari penelitian ini karena ditemukan beberapa permasalahan kedisiplinan pegawai seperti pegawai tidak mengindahkan peraturan disiplin yang berlaku di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sering tidak masuk kantor tanpa alasan dan juga tinggi nya angka kemangkiran dari pegawai negeri sipil. Penelitian ini diolah menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif, untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasanya peran kepemimpinan Kepala Dinas dalam penegakan disiplin pegawainya sudah berjalan dengan baik, hal tersebut dibuktikan dengan kepribadian kepribadian Kepala Dinas yang dijadikan panutan oleh pegawai dan tidak saja menjadikan pegawai sebagai bawahan tetapi juga sebagai rekan kerja. Namun dalam penegakan disiplin pegawai ditemukan berbagai kendala yaitu adanya saling tenggang rasa antara pemimpin dengan pegawai dalam menindak kasus disiplin lingkup kecil, selanjutnya absensi kehadiran pegawai tidak menambah tunjangan pegawai dan juga dalam penginputan absensi kehadiran pegawai masih menggunakan manual. sehingga dalam aturan yang berlaku di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yaitu Peraturan Gubernur No. 55 Tahun 2012 dapat berjalan dengan semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:12
Last Modified: 15 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34719

Actions (login required)

View Item View Item