Potensi Ekstrak Etanol Daun Kelengkeng (Dimocarpuslongan L.) sebagai Antifungi dalam Menghambat Pertumbuhan Fusarium oxysporumsecaraIn-Vitro

Rahayu, Arfah Sri (2021) Potensi Ekstrak Etanol Daun Kelengkeng (Dimocarpuslongan L.) sebagai Antifungi dalam Menghambat Pertumbuhan Fusarium oxysporumsecaraIn-Vitro. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ARFAH_SRI_RAHAYU_17032005_3383_2021.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi dan aktivitas antifungi ekstrak daun kelengkeng (D. longanL.) dalam menghambat pertumbuhan koloniF. Oxysporum. Jamur Fusarium oxysporum merupakan salah satu patogen tular tanah yang sangat berbahaya bagi tanaman karena patogen ini dapat bertahan lama di dalam tanah tanpa inang. Fusarium oxysporum mampu menginfeksi tanaman sejak tanaman dalam fase pembibitan sehingga dapat mengakibatkan tanaman mati dan gagal panen. Pengendalian yang sering dilakukan oleh petani adalah dengan menggunakan ungisida kimia sintetik. Namun, penggunaan fungisida kimia sintetik dapat menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan dan merusak kesehatan manusia. Salah satu alternatif pengendalian yang dapat dikembangkan adalah penggunaan fungisi dan abati seperti ekstrak daun kelengkeng Dimocarpus longan L. Ekstrak daun ini memiliki kandungan fitokimia seperti saponin, flavonoid, steroid, tanin, dan glikosida yang bersifat antifungi, antibakteri, dan antioksi dan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2020 sampai Juni 2021 di Laboratorium Penelitian Terpadu Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan AlamUniversitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari5 perlakuan dan 3 ulangan dengan pemberian ekstrak daun D. Longan L. Konsentrasi 0%(kontrol) , 10%, 20%, 30% dan 40%. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA )dengan uji lanjut Duncan’sNew Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakdaun Dimocarpus longanL. Berpotensi menghambat pertumbuhan jamur F.oxysporum. Semua perlakuan menunjukan pengaruh yang nyata terhadap diameter koloni F.oxysporum. Aktivitasantifungi ekstrak daun D. longan L. dalam menghambat pertumbuhan F. oxysporum pada konsentrasi 10%, dan 20%menunjukkankriteriasedang, padakonsentrasi30%dan 40%menunjukankriteriakuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:11
Last Modified: 15 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34718

Actions (login required)

View Item View Item