Nilai-nilai Multikultural dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel pada Kelas XII di SMA

Aldiyah, Maiza Putri (2021) Nilai-nilai Multikultural dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel pada Kelas XII di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAIZA_PUTRI_ALDIYAH_17016027_357_2021.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripiskan nilai-nilai multikutural dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kedua, mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran teks novel kelas XII di SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian content analysis.Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu membaca dan memahami novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata secara keseluruhan, kemudian mencatat data yang berhubungan dengan nilai-nilai multikulturalisme berupa satuan peristiwa dan perilaku tokoh. Teknik penganalisian data penelitian ini, yaitu mendeskripsikan tentang nilai-nilai multikulturalisme pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang terlihat dalam satuan peristiwa tokoh, mengklasifikasikan, menganalisis data, menginterpretasikan, dan menyusun laporan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata terdapat nilai-nilai multikultural, yaitu pertama, rasa kebersamaan dalam suatu kelompok dan kesetiakawanan untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Kedua, rasa kekeluargaan dan saling berbagi baik di dalam lingkungan keluarga maupun di dalam dunia pendidikan. Ketiga, rasa saling menghargai dan menghormati sebuah perbedaan (ras, suku, agama, dan budaya).Keempat, adanya sikap terbuka bagi nagara lain dalam melakukan hubungan perekonomian dan politik. Kelima, adanya kesederajatan antara kaum wanita dan laki-laki.Keenam,adanya sikap untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah dimiliki. Ketujuh, adanya keadilan yang diterima oleh setiap individu yang diberikan oleh penguasa yang memegang sebuah kekuasaan. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:11
Last Modified: 15 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34717

Actions (login required)

View Item View Item