Identifikasi Mineral Magnetik Pasir Besi Pantai Pasia Nan Tigo Kota Padang Sumatera Barat Menggunakan X-ray Diffraction (xrd)

Yuwanda, Ardilla Nofri (2021) Identifikasi Mineral Magnetik Pasir Besi Pantai Pasia Nan Tigo Kota Padang Sumatera Barat Menggunakan X-ray Diffraction (xrd). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ARDILLA_NOFRI_YUWANDA_16034003_2434_2021.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan identifikasi mineral magnetik dari pasir besi Pantai Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, dimana dari pengukuran nilai suseptibilitas magnetik didapatkan pasir besi di daerah ini mengandung mineral magnetik dengan variasi nilai suseptibilitas magnetik berkisar 265.8 x 10-8 m3/kg sampai 12,445.53 x 10-8 m3/kg. Pasir besi di daerah ini terhampar luas dan mempunyai potensi mineral magnetik seperti mineral magnetik Magnetite, Hematite, dan Maghemite yang dapat dimanfaatkan dalam bidang industri yang bernilai ekonomis tinggi. Namun karakteristik dari mineral magnetik pasir besi Pasia Nan Tigo seperti jenis mineral, struktur kristal belum dilakukan, Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi mineral magnetik yang ada pada pasir besi untuk mengetahui jenis mineral, struktur kristal pada pasir besi Pantai Pasia Nan Tigo dengan menggunakan metoda X-Ray Diffraction (XRD). Pasir besi yang didapat di preparasi dengan proses ekstraksi menggunakan dua buah magnet yaitu magnet kuat dan magnet lemah. Hasil ekstraksi dari pasir besi masih terdapat unsur-unsur pengotor. Untuk menghilangkan pengotor pasir besi hasil ekstraksi tersebut dimurnikan dengan Ultrasonic Cleaner BK-1200 dan setelah itu dikeringkan. Kemudian dilakukan karakterisasi hasil ekstraksi pasir besi menggunakan metode X-Ray Diffraction(XRD). Kandungan Jenis dan struktur mineral magnetik yang terdapat pada sampel hasil ekstraksi pasir besi menggunakan magnet kuat adalah Magnetite (Fe3O4) berstruktur Cubic, Hematite (α-Fe2O3) berstruktur Hexagonal, dan Ilmenite (FeTiO3) berstruktur Hexagonal. Sedangkan sampel hasil ekstraksi pasir besi menggunakan magnet lemah adalah Magnetite (Fe3O4) berstruktur Cubic, Hematite (α-Fe2O3) berstruktur Rhombohedral, dan Ilmenite (FeTiO3) berstruktur Rhombohedral. Sedangkan mineral non magnetik yang teridentifikasi pada hasil pengukuran yaitu Quartz (SiO2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:10
Last Modified: 15 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34715

Actions (login required)

View Item View Item