Peranan Pembelajaran Geografi terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas XI IPS dalam Mitigasi Bencana di Sekolah SMA Pembangunan UNP Padang

Anwar, Syamsul (2021) Peranan Pembelajaran Geografi terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas XI IPS dalam Mitigasi Bencana di Sekolah SMA Pembangunan UNP Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYAMSUL_ANWAR_1301983_614_2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menghadapi bencana alam melalui peranan pembelajaran geografi di sekolah.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif. Sampel dan populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas XI IPS SMA Pembangunan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 118 peserta didik, dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, angket atau kuisioner, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah proses awal tahap pengolahan data, dan analisis kuantitatif yang hasil akhimya berupa present dan deskripsi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase pemahaman peserta didik tentang peranan pembelajaran geografi sudah bagus karena total hasil persentasenya menunjukkan 77%, artinya rata-rata peserta didik di kelas XI IPS SMA Pembangunan sudah memahami dan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan seputar mitigasi bencana. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi memiliki peranan penting dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang mitigasi bencana terutama dalam hal kesiapsiagaan peserta didik ketika menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja. Dimana peserta didik sudah memiliki pemahaman tentang bencana alam dan mitigasi bencana yang ditunjukkan oleh tindakan peserta didik dari kegiatan simulasi bencana alam yang diadakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:10
Last Modified: 03 Feb 2023 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34713

Actions (login required)

View Item View Item