Implementasi Perencanaan Pembelajaran Musik Tradisi di SMA 1 Painan

Fimando, Megi (2021) Implementasi Perencanaan Pembelajaran Musik Tradisi di SMA 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MEGGI_FIRNANDO_1301143_456_2021.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran yang diterapkan di SMA 1 Painan. Antusias siswa yang tinggi terhadap pelajaran seni musik dan banyaknya prestasi di bidang seni musik adalah bukti bahwa guru telah berhasil menerapkan strategi-strategi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru seni musik, kepala sekolah dan beberapa siswa SMA 1 Painan. Obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang di terapkan di SMA 1 Painan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan antar sumber data satu dengan yang lain sebagai bahan untuk analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Ada empat komponen yaitu: 1) teknik pengumpulan data 2) reduksi data 3) penyajian data dan 4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa beberapa strategi pembelajaran seni musik yang diterapkan di SMA 1 Painan yaitu, 1) persiapan pembelajaran; 2) pengelolaan pembelajaran; 3) penggunaan media pembelajaran; 4) penerapan metode, model dan pendekatan pembelajaran; 5) pendekatan untuk memotivasi siswa; 6) evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:09
Last Modified: 15 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34709

Actions (login required)

View Item View Item