Pengembangan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh

Amsar, Sriyani (2021) Pengembangan Video Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SRIYANI_AMSAR_16058054_18_2021.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa media pembelajaran berbasis video mengenai materi integrasi sosial yang layak digunakan dari segi validitas, praktikalitas dan efektivitas. Pengembangan media video ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada mata pelajaran sosiologi kelas XI. Media pembelajaran berbasis video dirasa cukup efektif digunakan, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE milik Dick and Carry. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Payakumbuh dengan jumlah 33 peserta didik. Kelayakan produk ini dari segi validitas telah diuji oleh dua orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Terakhir untukmenguji keefektifan media didapatkan dari perbandingan t-hitung > t- tabel yang artinya media pembelajaran berbasis video efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:29
Last Modified: 07 Mar 2022 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34707

Actions (login required)

View Item View Item