MetaAnalisis Pengaruh Penggunaan LKS terhadap Aspek Pengetahuan pada Pembelajaran Fisika SMA

Putri, Andala Dika (2021) MetaAnalisis Pengaruh Penggunaan LKS terhadap Aspek Pengetahuan pada Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANDALA_DIKA_PUTRI_17033004_3883_2021.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika pada umumnya berpusat pada guru dan kurang memberikan peluang pada siswa untuk mengembangkan potensi dengan mengeluarkan ide yang dimilikinya. Pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 bersifat student centered, yaitu siswa menemukan suatu konsep dalam pembelajaran. Sumber belajar seperti LKS diperlukan untuk menuntun siswa dalam proses pembelajaran. Banyak penelitian penggunaan LKS yang mengukur aspek pengetahuan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effect size penggunaan LKS terhadap aspek pengetahuan siswa. Penelitan ini menggunakan metode meta analis. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri e-journal, sinta dan google scholar. Data yang digunakan yaitu beberapa artikel yang terbit dari tahun 2013-2021 melalui jurnal yang terakreditasi nasional dan internasional. Sampel dari penelitian ini sebanyak 35 artikel, terdiri atas 33 artikel nasional dan 2 artikel internasional. Artikel yang digunakan telah memenuhi kriteria untuk dilakukan perhitungan effect size. Terdapat empat indikator yang pembanding pengaruh penggunaan LKS yaitu berdasarkan aspek pengetahuan siswa, tingkatan kelas, unit materi dan model pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh besar effect size penggunaan LKS terhadap tiga indikator tersebut yaitu. (1) pada indikator tingkatan kelas diperoleh effect size paling tinggi yaitu pada kelas XI sebesar 0,73 dengan kategori sedang. (2) pada indikator unit materi effect size paling tinggi pada unit materi fluida yaitu 0,77 dengan kategori tinggi. Dan (3) pada indikator model pembelajaran effect size paling tinggi pada model Project based learning dengan nilai 0,86 kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:05
Last Modified: 15 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34698

Actions (login required)

View Item View Item