Meningkatkan Keterampilan Membuat Dompet dari Bungkus Kopi Melalui Video Tutorial bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di SLBN 1 Padang Panjang (Single Subjeck Research)

Rahmayani, Ayu (2021) Meningkatkan Keterampilan Membuat Dompet dari Bungkus Kopi Melalui Video Tutorial bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di SLBN 1 Padang Panjang (Single Subjeck Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AYU_RAHMAYANI_17003005_3266_2021.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Dimana peneliti menemukan masalah di kelas 8C tunagrahita, saat proses pembelajaran keterampilan berlangsung. Peserta didik sedang menonton video dalam membuat kerajinan dari kertas origami melalui youtube kemudian mencoba mempraktekkannya. Dari hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk mengajarkan peserta didik dalam keterampilan membuat dompet dari bungkus kopi melalui video tutorial, karena anak nampak tertarik belajar melalui video. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan satu subjek yaitu SF yang duduk di kelas 8C SLBN 1 Padang Panjang. Data mengenai kemampuan peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes. Desain A-B-A digunakan untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam membuat dompet dari bungkus kopi sebelum diberi intervensi (A1), saat diberikan intervensi (B), dan sesudah diberikan intervensi (A2). Hasil perolehan dari kemampuan peserta didik di setiap kondisi yakni pada kondisi baseline 1 (A1) yang dilakukan sebanyak 5x pertemuan diperoleh skor 60%, sedangkan pada kondisi intervensi yang dilakukan sebanyak 6x pertemuan diperoleh skor 83%, dan pada kondisi baseline 2 (A2) dilakukan sebanyak 5x pertemuan dengan perolehan skor 60%. Dari hasil perolehan data di setiap kondisi, dapat diketahui bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat dompet dari bungkus kopi bagi peserta didik tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:05
Last Modified: 15 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34697

Actions (login required)

View Item View Item