Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh

Elfina, Sisra (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SISRA_ELFINA_16058046_17_2021.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan penggunaan LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas XI IPS 3 SMA N 1 Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media LKPD, lembar validasi materi LKPD, angket respon/ partikalitas peserta didik terhadap LKPD, serta soal pre-test dan post-test peserta didik. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menggunakan pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase. Data yang diperoleh dari soal pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan T-hitung > dari Ttabel. Uji t-test berkorelasi dilakukan untuk mengetahui signifikansi perkembangan tingkat berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dirasa cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari uji t-test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2021 07:05
Last Modified: 15 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34696

Actions (login required)

View Item View Item